Mata Kuliah di Jurusan Pendidikan Bahasa Arab UPI #1


            Hai teman-teman.. :D buat kalian yang pengen tahu, apa aja si yang bakal dipelajari di jurusan Pendidikan Bahasa Arab UPI di tahun pertama (semester 1 dan 2), aku bakalan nge-share nama-nama mata kuliahnya, berikut penjelasan singkatnya mengenai mata kuliah itu. Lets Check It Out!!! ;)


Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Semester 1

1.       Arabiyyah Asaasiyyah
2.      Qiraah 1
3.      Qowaidul Imla’ wal Khat
4.     Istima’
5.      Ulumul Quran
6.     Mahfudzhat
7.      Lughah Inzilijiyyah
8.      Pendidikan Agama Islam (PAI)
9.     Bahasa Indonesia
1.  Psikologi Pendidikan
1.     Landasan Pendidikan


Mata Kuliah Pendidikan Bahasa Arab Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Semester 2
1.       Muhadatsah 1
2.      Qiraah 2
3.      Nahwu 1
4.     Sharf 1
5.      Ulumul Hadits
6.     Tsaqafah Arabiyyah
7.      Hadharah Islaamiyah
8.      Kombiuter Arabiyy
9.     Bimbingan Konseling (BK)
1.  Pendidikan Pancasila dan Kewaranegaraan (PPKn)


Di semester pertama, kalian bakalan mempelajari Araabiyyah Asaasiyyah, nah dari artina sendiri itu “Bahasa arab dasar” , so, di mata kuliah ini kalian akan belajar Bahasa arab yang dasar-dasarnya, kayak pengenalan isim fiil huruf sampe bener-bener paham J. Kalo di mata kuliah Qiraah 1 kalian akan belajar membaca teks Bahasa arab, biar tebiasa gitu deh, hehehh, ya dari artinya sendiri kan Qiraah itu membaca, jadi kalian bakal belajar membaca teks arab sama sedikit-sedikit mempelajari qowaid Bahasa arabnya ;).

Next di mata kuliah qowaidul imla walk ha kalian akan belajar khat (tulisan) arab atau yang biasa kita kenal kaligrafi yang ada 7 macem itu, seru deh pokonya, selain itu kalan juga bakalan bisa imla’(dikte) tulisan Bahasa arab , seru kan :D.
Kalo di matkul istima’ kalian bakalan dibiasain buat ngedengerin orang yang ngomong Bahasa arab, di ulumul quran kalian bakal belajar mengenai ilmu-ilmu alquran secara lebih mendalam yang pastinya bakalan mnambah pengetahuan kalian mengenai alquran, di mahfudzhat kita bakalan disuruh dosen buat menghafal juz 30, dan harus hafal dalam jangka waktu maksimal satu semester, kalo juz 30 udah hafal, nilai mahfudzhat kalian udah dijamin A deh ;). 

Lughah inzilijiyyah kalian bakalan belajar Bahasa inggris, tapi dengan nuansa yang berbeda, materinya bahsa inggris terus dijelasi pake Bahasa arab, kebayang gak tuh serunya :D.
Mata kuliah yang 4 terbawah itu matkul2 yang menunjang kita buat menjadi seorang pendidik, jadi harus banget tuh ikut ke4 mata kuliah itu biar tahu gimana seharusnya kita jadi pendidik J.

Selanjutnya di semester 2, kita mulai harus konsentrasi nih, kenapa? Soalnya kalian bakalan mulai belajar nahwu sama sharf, tahu sendiri kan kalo belajar qowaid itu harus konsen, kita meleng sebentar aja pasti ketinggalan :3 kalian juga bakal belajar tsaqafah arabiyyah yaitu budaya bangsa arab, jadi kalian bakal mengetahui gimana aja keadaan bangsa Arab, lebih mendalami budayanya. Kita juga bakalan belajar hadharah islaamiyyah yaitu sejarah peradaban islam, dari mulai zaman Nabi SAW sampai ke ormas-ormas islam yang ada di Indonesia, poknya bakal seru banget deh :D.


Mata kuliah muhadatsah 1 itu kalian bakal belajar ngobrol pake Bahasa arab, setelah di semester 1 kalian dibiasain buat dengerin orang ngomong bhasa arab di istima’ sekarang kalian yang harus bisa mempraktekkannya sendiri ;). Kalian juga bakal belajar ulumul hadist, yaitu ilmu-ilmu hadits mulai dari dasarnya sampai ke akarnya wkwk :3. Mata kuliah kombiuter arabiyy kalian bakal belajar computer, tapi beda sama belajar computer sebelumnya kalian di SMA, di kombiuter arabiyy ini kalian bakal belajar hal-hal yang biasanya orang-orang gak pelajari, seru kan :D.


Kalo mata kuliah BK sama PPKn pasti udah tau lah ya, ini juga 2 mata kuliah yang menunjang kaliang menjadi pndidik yang baik haha :3 BK ini juga lanjutan dari mata kuliah Psikologi Pendidikan di semester 1.
So guys, pokonya kalo kalian masuk jurusan Pendidikan Bahasa Arab UPI kalian gak bakalan ada bosen-bosennya sama mata kuliah yang kalian kontrak di tahun pertama (semester 1 da 2) karena mata kuliahnya sseru-seru dan kalian bakal belajar sama professor-profesor yang sangat luarbiazahhhhh yang pastinya bakalan share pengalaman ke kalian yang bakal bikin kalia lebih termotivasi lagi buat lebih bersungguh-sungguh dalam mencari ilmi, khususnya ketika kalian kuliah di jurusan pendidikan Bahasa arab ini.


Okayz, thanks ya temen-temen udah baca tulisan ini, semoga kalian yang masih bingung atau ragu buat kuliah di jurusan pendidikan Bahasa arab UPI bisa langsung pilih tu jurusan wkwk terus buat kalian yang udah keterima di jurusan ini semoga kalian enjoy dan betah ya, Allah pasti memberi jalan di setiap keadaan J
حسبناالله نعم الوكيل نعم المولى و نعم الناصر


Komentar

Posting Komentar