EKSISTENSI EDUKASI, DESA MEKARBUANA LESTARI


Oleh: Siti Nurul Fuadah 

Dusun Cimanem Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan merupakan sebuah wilayah yang berjarak 30 kilometer dari pusat kota kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Wilayah Dusun Cimanem Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan ini memiliki jaringan internet yang cukup baik, meskipun tidak maksimal. Masyarakat yang berada di wilayah ini dapat menerima informasi-informasi yang banyak mengenai hal-hal yang sedang terjadi di dnia luar, termasuk wabah pandemi Covid-19 yang terjadi. 
Wabah virus Corona resmi dinyatakan sebagai pandemi oleh World Health Organization (WHO). Pandemi Coronavirus Disease (Covid-19) atau virus Corona yang menyebar di Indonesia menyebabkan pemerintah Indonesia membuat kebiajakan-kebiajakan baru untuk masyarakat Indonesia. Kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) ternyata tidak memutus rantai penyebaran Covid-19 begitu saja sehingga kebijakan PSBB diperpanjang oleh pemerintah. Masyarakat Indonesia diimbau untuk melakukan aktivitas di rumah, belajar di rumah, bekerja dari rumah, beribadah di rumah sebagai upaya pemutusan rantai penyebaran Covid-19.
Hal ini juga berdampak pada masyarakat Dusun Cimanem Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Masyarakat Dusun Cimanem Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis diimbau untuk tidak bepergian jauh dan senantiasa di rumah mengikuti imbauan pemerintah, bersekolah di rumah, beribadah di rumah dan bekerja dari rumah. 
Kuliah Kerja Nyata (KKN) merupakan kegiatan yang terjadwal secara akademik di Universitas Pendidikan Indonesia. KKN merupakan kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa secara interdisipliner, institusional, dan kemitraan sebagai salah satu wujud dari tridharma perguruan tinggi. Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik adalah program kuliah KKN dengan fokus yang spesifik dengan ciri: (1) relevan dengan pembangunan daerah atau pemerintah pusat; (2) relevan dengan kebutuhan masyarakat dan (3) relevan dengan visi, misi, renstra, kepakaran, dan IPTEKS yang dimiliki UPI. Program KKN Tematik ini didasarkan kepada prinsip-prinsip pendidikan yaitu Ing Ngarso Sung Tulodo, Ing Madya Mangun Karso, dan Tut Wuri Handayani. 
Peserta program KKN Tematik Pencegahan Covid-19 meminta bantuan kepada aparat Dusun Cimanem Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis dalam melaksanakan kegiatan KKN Tematik Pencegahan Covid-19, juga diminta bantuan dalam percepatan pencegahan Covid-19 di wilayah Dusun Cimanem Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.
Kegiatan yang telah dilakukan selama 23 hari terhitung sejak tanggal 17 Mei 2020 sampai dengan tanggal 9 Juni 2020 dan pada tanggal 24 Mei 2020 libur idul fitri. Adanya kegiatan ini sangat membantu aparat pemerintahan DusunCimanem Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis, karena peserta KKN Tematik Pencegahan Covid-19 banyak membantu terutama dalam edukasi di wilayah Dusun Cimanem Desa Mekarbuana. 
Pemanfaatan media edukasi daring menjadi strategi utama dan harus dimanfaatkan oleh peserta KKN Tematik Pencegahan Covid-19 MMB. Peserta KKN Tematik Pencegahan Covid-19 MMB menjalankan tugas untuk mewujudkan merdeka belajar, memberikan edukasi kepada siswa TK, SD, SMP/sederajat hingga SMA/sederajat dengan cara memanfaatkan akses internet atau belajar melalui media dalam jaringan. Minimnya perhatian guru sekolah untuk siswa di sekitar Desa Mekarbuana (karena tidak memiliki atau bahkan tidak mengetahui dan tidak memanfaatkan media edukasi dalam jaringan untuk keberlangsungan proses pembelajaran) membuat siswa TK sampai dengan SMA bersemangat menngikuti pembelajaran yang dilakukan secara daring dan lebih aktif oleh peserta KKN Tematik Pencegahan Covid-19 MMB.
Media pembelajaran yang digunakan untuk memberikan edukasi kepada siswa yang berada di wilayah Dusun Cimanem Desa Mekarbuana Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis berupa video pembelajaran dan sesekali menggunakan aplikasi live meeting untuk berdiskusi mengenai video pembelajran yang telah diunggah lalu ditonton oleh para siswa. Video pembelajaran yang disebutkan berupa video edukasi pencegahan Covid-19 dan video pembelajaran pengetahuan umum. Begitu juga dengan masyarakat umum Dusun Cimanem Desa Mekarbuana yang menerima video edukasi pencegahan Covid-19 sehingga pengetahuan masyarakat bertambah lebih luas.

Komentar